Para ilmuwan mengatakan salah satu program Pentagon mirip dengan pengembangan senjata biologis

Duniaku - Sebuah tim ilmuwan internasional menyimpulkan bahwa salah satu program penelitian Departemen Pertahanan AS, menunjukkan penyebaran virus melalui serangga, sangat mirip dengan mencoba mengembangkan jenis senjata biologis baru. Ini dinyatakan dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada hari Kamis di situs web jurnal Science.

Ini adalah program yang disebut Sekutu Serangga ("Insect Elyce", dapat diterjemahkan sebagai "Serangga - sekutu"). Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) mengumumkan bahwa mereka terlibat di dalamnya, pada November 2016. Sebagaimana dijelaskan di situs manajemen, para peneliti berniat mengembangkan metode untuk menginfeksi tanaman dengan virus yang menularkan gen menguntungkan tertentu yang meningkatkan ketahanan tanaman.

Penulis artikel yang ditempatkan di Jurnal Science dengan judul "Penelitian pertanian atau sistem senjata biologis baru?" adalah spesialis dari Universitas Montpellier (Prancis), Institut Max Planck untuk Evolutionary Biology (Jerman) dan Universitas Freiburg (Jerman). "Menurut pendapat kami, dalam konteks tujuan program DARPA, pengetahuan yang dapat diperoleh dalam kerangka kerja tampaknya sangat terbatas dalam kaitannya dengan pengembangan pertanian di AS atau tanggap darurat di negara ini (dalam jangka pendek dan panjang)," katanya.

"Selain itu, tidak ada diskusi yang cukup tentang hambatan praktis dan peraturan yang serius untuk menggunakan manfaat yang diharapkan di bidang pertanian," kata para ilmuwan. dan jika ini benar, itu adalah pelanggaran terhadap Konvensi tentang Larangan Senjata Biologis dan Toksin. " Para peneliti menyatakan bahwa terlepas dari apakah DARPA benar-benar searah dengan tujuan yang diklaimnya, perubahan kecil dalam program Serangga Sekutu memungkinkannya untuk digunakan untuk menciptakan "senjata biologis kelas baru".

Situs DARPA menerbitkan tanggapan terhadap publikasi dalam program manager Ilmu Serangga Sekutu Blake Bextine. Dia menyatakan bahwa dia "tidak setuju dengan kesimpulan" dari para peneliti. Namun, dalam sebuah wawancara dengan The Washington Post , Bextine mengakui bahwa sejumlah teknologi yang dikembangkan sebagai bagian dari program dapat memiliki "tujuan ganda" dan dapat digunakan untuk tujuan pertahanan dan serangan.